Ronaldo Cetak Gol, Juventus Unggul Atas Atletico di Babak I

0
9
Juventus melakukan protes karena gol Giorgio Chiellini tidak disahkan di awal laga.

Jakarta, CNN Indonesia — Juventus berhasil unggul 1-0 di babak pertama melawan Atletico Madrid pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Allianz, Rabu (13/3) dini hari WIB. Gol Juventus dicetak oleh Cristiano Ronaldo.

Juventus yang tertinggal 0-2 dalam agregat langsung berusaha menekan pertahanan Atletico begitu pertandingan dimulai. Bianconeri berhasil menggetarkan gawang Los Rojiblancos lewat tendangan dari jarak dekat yang dilepaskan oleh Giorgio Chiellini di menit keempat.

Namun wasit Bjorn Kuipers tidak mengesahkan gol tersebut. Kuipers menilai Cristiano Ronaldo lebih dulu melakukan pelanggaran terhadap kiper Atletico, Jan Oblak, yang berakibat lepasnya bola dari tangkapan Oblak dan membuat Chiellini mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.

Setelah momen tersebut, Juventus terus berusaha mengurung pertahanan Atletico. Namun Atletico bermain sigap dan 6-8 pemain yang ada di area kotak penalti menyulitkan Mario Mandzukic untuk memberikan ancaman berbahaya.




Juventus melakukan protes karena gol Giorgio Chiellini tidak disahkan di awal laga. (REUTERS/Alberto Lingria)

Meski dominan dalam penguasaan bola, namun Juventus tidak berhasil melepaskan tembakan ke gawang Atletico pada 20 menit awal pertandingan.

Di menit ke-21, Koke coba memberikan ancaman lewat tendangan jarak jauh, namun bola masih melayang di atas sasaran.

Tiga menit kemudian, Antoine Griezmann juga melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Meski tepat sasaran, Wojciech Szczesny bisa membendung tembakan tersebut.




Juventus sempat kesulitan membongkar pertahanan Atletico Madrid di 25 menit awal laga.Juventus sempat kesulitan membongkar pertahanan Atletico Madrid di 25 menit awal laga. (REUTERS/Massimo Pinca)

Setelah tidak bisa membongkar pertahanan Atletico di 25 menit awal, Juventus akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-27 lewat Cristiano Ronaldo.

Kejelian Federico Bernardeschi melihat posisi Ronaldo berujung sebuah umpan silang ke arah tiang jauh. Ronaldo menyambut umpan tersebut dengan sundulan kepala mengalahkan Juanfran yang coba mengadang.

Usai unggul 1-0, Juventus makin percaya diri mengurung pertahanan Atletico. Pada menit ke-32, Bernardeschi mengancam Atletico lewat tendangan bebas tetapi bola masih melayang di atas gawang.

Atletico kemudian berhasil memberikan tekanan balasan di 10 menit akhir pertandingan meski mereka masih kesulitan memberikan ancaman serius. Di menit ke-43, Ronaldo berhasil menyambut umpan silang ke kotak penalti tetapi kali ini sundulannya melebar di sisi kiri gawang.

Pada masa injury time babak pertama, Alvaro Morata sempat mengancam lewat sundulan tetapi bola masih di atas mistar. Skor 1-0 untuk Juventus bertahan hingga akhir babak pertama.

Susunan Pemain

Juventus [4-3-3]

Wojciech Szczesny; Joao Cancelo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola; Emre Can, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi; Federico Bernardeschi; Mario Mandzukic, Cristiano Ronaldo

Atletico Madrid (4-4-2)

Jan Oblak; Santiago Arias, Jose Gimenez, Diego Godin, Juanfran; Koke, Rodrigo, Saul Niguez, Thomas Lemar; Alvaro Morata, Antoine Griezmann (ptr)

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia