SBY Kumpulkan Ketua DPD Demokrat se-Indonesia di Cikeas, Bahas Apa?

SBY Kumpulkan Ketua DPD Demokrat se-Indonesia di Cikeas, Bahas Apa?




Jakarta
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pagi tadi mengumpulkan para Ketua DPD Partai Demokrat di kediamannya di Cikeas. Namun, pertemuan itu disebut tak membahas arah politik partai.

“Tapi yang jelas bahwa tidak ada keputusan politik apapun hari ini. Dugaan saya, keputusan politik yang akan diambil adalah di ulang tahun Demokrat yaitu di 9 September. Jadi saling mendengar lah ya, dari daerah, masukan dari kawan-kawan daerah seperti apa,” kata Ketua DPP Partai Demokrat Dede Yusuf di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (11/7/2019).


Pertemuan dengan para Ketua DPD hari ini disebut Dede untuk memberikan semangat kepada SBY. Menurut Dede, SBY yang selama beberapa waktu merawat sang istri, Ani Yudhoyono, jarang berkomunikasi dengan pengurus daerah.

“Nah, mungkin jika kawan-kawan daerah ini yang datang mengangkat semangat Bapak, maka Bapak bisa kembali untuk, ayo kita akan, ibarat dalam politik itu, perang tidak pernah berhenti. Jadi tetap harus memberikan semangat,” ujar Dede

“Jadi saya melihat lebih kepada bagaimana kawan-kawan yang sudah datang dari daerah ini bersambung rasa dengan Bapak dan pengalaman-pengalaman Bapak selama ini, bagaimana pengalaman di daerah selama mungkin tidak terkomunikasi. Saya lihat lebih kesana,” imbuhnya.

Pertemuan itu disebut Dede juga untuk menghimpun suara daerah, karena menurutnya masih ada perbedaan pendapat di internal partai soal langkah politik selanjutnya. SBY juga memberi arahan terkait proses politik DPD di daerah.

“Tapi kan kekuatannya harus dijalin. Termasuk kan siapa caleg-caleg yang jadi, kan berubah, di daerah juga berubah kan. Nanti mungkin saja, DPRD kan dilantiknya 20 Agustus, artinya siapa yang jadi Ketua DPRD, siapa yang jadi pimpinan komisi di daerah, itu kan akan memberikan masukan juga kepada Bapak. bapak tentu sebagai Ketua Umum juga akan memberikan arahan,” jelas Dede.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat (PD) Hinca Pandjaitan mengatakan Ketum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah mulai bisa bicara soal politik setelah tahlilan 40 hari Ani Yudhoyono. Namun, pembahasannya baru sekadar internal partai.

“Seperti yang selalu saya sampaikan teman-teman selama masa 40 hari ini Partai Demokrat tentu Pak SBY saya mendampingi memang tidak berbicara politik. Kami bicara tentang hal-hal mengenai keluarga dan Ibu Ani. Pertanyaannya, besok bagaimana, saya sampaikan teman-teman besok Pak SBY sudah mulai bisa berdiskusi dengan kami internal,” kata Hinca di pendopo Puri Cikeas Indah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/7).

“Besok (hari ini) ada Ketua-ketua DPD dan Sekretaris se-Indonesia yang memang juga hadir malam hari ini, besok (hari ini) kami lanjutkan di hari ini untuk memulai mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan partai,” sambungnya.

(azr/mae)




Artikel ini telah tayang di detikNews

Related Posts