Sebelum Aksi, Teroris Masjid New Zealand Ajak Subscribe Pewdiepie – VIVA

0
6
YouTuber PewDiePie bersama pasangannya, Marzia Bisognin

VIVA – Puluhan orang dinyatakan tewas setelah seorang pria melepaskan tembakan membabi buta di dua masjid di kota Christchurch, New Zealand. Pelaku bahkan menyiarkan secara langsung insiden mengerikan itu di media sosial Facebook.

Sebelum memberondong tembakan ke jemaah yang ada di masjid, pelaku yang diketahui bernama Brenton Tarrant itu mengatakan, “Ingat Pemuda, subscribe Pewdiepie,” pada beberapa menit pertama streaming.

Belum jelas apa motif pelaku menyebut nama YouTuber asal Amerika Serikat itu. Namun konten kreator pemilik nama asli Felix Kjellberg tersebut mengklarifikasi sekaligus menyampaikan duka citanya di akun Twitter.

“Baru saja mendengar berita kejadian dahsyat dari Chrischurch Selandia Baru. Saya merasa benar-benar muak karena nama saya diucapkan oleh pelaku. Duka cita saya sampaikan kepada korban, keluarga dan semua orang yang terdampak tragedi tersebut,” tulis PewDiePie.

Sementara itu, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, dalam konferensi pers menyatakan bahwa teror tersebut sebagai “tindakan kekerasan ekstrem” terhadap orang-orang yang memilih menjadikan New Zealand sebagai rumah mereka.

Saat ini polisi telah menyarankan warga untuk tetap berada di dalam rumah. Satu tersangka telah ditangkap dan ditahan. (ann)

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id