Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Tjahjo meminta semua pihak yang tak puas hasil pilpres menyelesaikan secara hukum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengatakan, penolakan hasil pemilu merupakan suatu hal yang mencederai demokrasi. Ia mengingatkan adanya jalur hukum yang dapat ditempuh jika tidak puas dengan hasil pemilu.

“Jangan mencederai demokrasilah,” ujar Tjahjo di Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Mangga Besar, Jakarta Barat, Rabu (15/5).

Tjahjo mengatakan, jika ada pihak yang merasa tidak puas dengan hasil pemilu, maka hal tersebut dapat diselelsaikan secara hukum. Penyelesaian dengan hukum itu bisa melalui Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) hingga ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kalau ada merasa tidak puas, ada ganjelan, menemukan sesuatu yang ganjel, disampaikan secara hukum saja,” terang dia.

Menurutnya, proses pemilu hingga hari pencoblosan berjalan dengan sukses. Tingkat partisipasi pemilih mencapai lebih dari 80 persen. Semua itu, kata dia, bisa tercapai karena andil semua pihak, termasuk para tim sukses dan partai politik.

“Itu karena kesepakatan semua pihak termasuk tim sukses, termasuk partai politik, baik menyusun PKPU di DPR maupun tahapan-tahapan KPU yang disosialisasikan oleh KPU sebagai penyelenggara negara sebagaimana diatur oleh undang-undang,” tuturnya.

Sebelumnya, Prabowo mengisyaratkan dia tidak akan menerima hasil Pilpres kali ini. Ia mengaku dirinya tidak akan menerima hasil selama dalam prosesnya dipenuhi dengan kecurangan.

“Saya akan menolak hasil perhitungan yang curang. Kami tidak bisa menerima ketidakadilan dan ketidakjujuran,” kata Prabowo saat menyampaikan pidatonya di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (14/5).

Artikel ini telah tayang di republika.co.id

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -