Subsidi Hampir Rp 100 T

Subsidi Hampir Rp 100 T

Jakarta
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan pemerintah memberikan perhatian besar terhadap Papua dan Papua Barat. JK menyebut subsidi yang diberikan lebih besar dari royalti yang diberikan PT Freeport.

“Dari ekonomi, banyak yang mengira kita ini banyak mengambil dari Papua, benar juga. Tapi untuk diketahui, semua penghasilan besar itu Freeport dan gas itu kurang lebih Rp 20 triliun pajak royaltinya. Tapi negara, ” kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).



JK menuturkan pemerintah telah berusaha untuk membangun Papua. Menurutnya, apa yang dilakukan pemerintah saat ini kepada Papua bahkan lebih dari periode yang lalu.

“Untuk dipahami saja seperti itu, pemerintah membangun Papua itu luar biasa dibanding dengan apa yang itu… Menyarankan bahwa pemerintah negara sekarang ini mungkin zaman dulu terjadi tapi sekarang ini kita memberikan anggaran yang luar biasa,” jelasnya.

JK menuturkan Papua juga memiliki otonomi politik yang istimewa dibanding daerah lainnya. Salah satunya adalah, gubernur harus berasal asli dari Papua.

“Papua itu luar biasa otonominya. Di Amerika, orang California bisa jadi gubernur di New York. Orang New York bisa. Tapi Gubernur di Papua tapi secara hukum, temana-teman Papua bisa gubernur di Jakarta, Jabar. Tapi orang Jakarta, Jabar dan lain-lain,” sebutnya.

Mengenai usulan pembentukan adat, JK tidak setuju. Menurutnya, usual itu berlebihan.

“Itu berlebihan,” tuturnya.

(fdu/mae)

Artikel ini telah tayang di detikNews

Related Posts