Sukses dan Kaya Raya, 12 Kebiasaan Elon Musk Ini Bisa Ditiru

Elon Musk.

VIVA – Sebagai bos sejumlah perusahaan teknologi, Elon Musk, memiliki segudang kesibukan. Ia harus membagi waktunya untuk beberapa bisnis, sebagai CEO Tesla, SpaceX, dan SolarCity, serta aktivitas lainnya di sejumlah perusahaan.

Pertanyaannya, bagaimana pria yang pernah dinobatkan sebagai The Most Powerful People ini menggunakan waktunya dengan sangat produktif? 

Sejumlah artikel telah membahas mengenai rutinitas harian Elon Musk. Tentu saja karena tak sedikit yang ingin tahu bagaimana miliarder tersebut bisa mencapai kesuksesan di usia muda, terlepas dari kecerdasan yang ia miliki. Elon Musk akan berusia tepat 48 tahun pada 28 Juni 2019 ini.

Jadi, penasaran dengan bagaimana pemilik kekayaan US$18,2 ini mengatur waktu di kesehariannya dan kebiasaan-kebiasaan yang ia lakukan sehari-hari? 

Berikut ini sejumlah referensi, sebagaimana dilansir dari Business Insider, Jumat, 21 Juni 2019.

1. Elon Musk disebut sebagai morning person yang memulai harinya pada pukul 7 pagi hari. Malam harinya, ia tidur selama enam jam.

2. Musk terkadang melewatkan sarapan, atau ia hanya minum kopi dan menyantap omelet.

3. Sesibuk apa pun, pria kelahiran Pretoria, Transvaal, Afrika Selatan ini tak pernah melewatkan mandi. Dia pernah mengatakan pada Reddit bahwa itu adalah kebiasaan sehari-harinya yang paling penting.

4. Setelah bangun tidur, Musk memeriksa jadwal dan membagi waktunya menjadi serangkaian slot masing-masing lima menit. Pengusaha itu diketahui bekerja 85 hingga 100 jam seminggu, dan ia memperkirakan bahwa 80 persen waktunya di tempat kerja dihabiskan untuk teknik dan desain.

5. Tidak ada dua hari yang sama untuk Musk. Misalnya, dia menghabiskan hari Senin dan Jumat di SpaceX, di Los Angeles. Pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis, ia menuju ke Bay Area untuk bekerja di Tesla. 

Quartz memperkirakan bahwa ia menghabiskan rata-rata 42 jam seminggu bekerja di Tesla dan 40 jam seminggu bekerja di SpaceX. Dia juga mengatakan kepada Y Combinator bahwa Musk biasanya menghabiskan sekitar setengah hari bekerja di OpenAI nirlaba intelijen buatan.

6. Pada akhir pekan, tergantung pilihan. Minggu biasanya dihabiskan dengan bepergian atau tinggal di rumahnya, Bel Air mansion. Pada hari Sabtu, ia bekerja di SpaceX atau menghabiskan waktu bersama lima putranya yang masih kecil.

Chairman Tesla, Elon Musk.

7. Multitasking adalah bagian penting dari strategi Musk, sehingga dapat mengerjakan hal sebanyak mungkin dalam satu waktu. 

Agar pekerjaannya lancar dan terjaga pada jalur yang tepat, Musk melupakan sebagian besar panggilan telepon. Dia juga lebih suka menggunakan alamat email yang tidak jelas untuk mencegah orang mengirim spam.

8. Dia tidak menghabiskan banyak waktu untuk makan. Musk biasanya makan siang selama rapat, dan ia berhasil memakannya hanya dalam lima menit.

9. Elon Musk dapat menikmati banyak makan saat jamuan bisnis. “Dinner bisnis mungkin adalah tempat saya makan terlalu banyak,” katanya kepada media Auto Bild.

Bicara tentang makanan, salah satu favoritnya adalah Diet Coke, karena ia mengurangi soda. Selain itu, sejumlah menu yang mungkin ia pilih adalah makanan Prancis, barbekyu, dan wiski. 

10. Untuk tetap bugar, Musk biasanya mengunjungi gym sekitar sekali atau dua kali seminggu.

11. Meskipun hidupnya sibuk, Musk meluangkan waktu untuk membaca. Beberapa buku favoritnya termasuk cerita klasik fantasi “The Lord of the Rings,” biografi inovator seperti Benjamin Franklin dan Albert Einstein, dan buku sejarah petualang 87 tahun “Twelve Against the Gods.” Meski kutu buku, Musk juga disebutkan tetap menghadiri pesta. 

12. Ketika semua tugas dalam sehari sudah dilakukan, Musk biasanya tetap terjaga hingga jam 1 pagi. Waktu tidur larut malam bisa jadi tak mengherankan untuk orang yang melakukan banyak hal. Dan, Elon Musk adalah ‘Raja Pencipta Pekerjaan’ yang mengantarkan manusia ke luar angkasa. (ase)

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

Related Posts