Terkuak, Alasan Stiker Musik Instagram Stories Belum Masuk Indonesia

0
6
Instagram Indonesia.

VIVA – Media sosial Instagram telah merilis stiker musik di Stories sejak Juni 2018. Namun, baru beberapa negara saja yang ada fitur ini, dan sayangnya, Indonesia belum bisa menikmatinya.

Communications Manager Instagram Asia Pacific, Putri Silalahi, mengatakan masalah lisensi yang menjadi penghambat Indonesia belum bisa mencicipi stiker musik.

“Penyedia musiknya enggak punya lisensi di Indonesia. Jadi kita harus rapikan dulu. Kita mau pastikan bahwa semuanya legal. Jangankan kalian, saya pun menunggu fitur ini,” kata Putri di Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019.

Menurutnya tidak ada hal lain lagi selain lisensi yang dipertimbangkan untuk mendatangkan fitur tersebut ke Indonesia.

“Mesinnya sudah ada, kapabilitasnya juga sudah ada, tinggal dibawa ke sini aja. Soal lisensi kita enggak ikut-ikutan ya, karena ini masalah artis dan penyedia musik di negaranya masing-masing,” tuturnya.

Akan tetapi, Indonesia tidak sendiri. Putri mengklaim secara regional di Asia Pasifik baru Australia yang mendapatkan stiker musik. Saat ini basis penggunanya sebagian besar masih di wilayah Amerika dan Eropa.

Musik bisa digunakan dengan membuka stiker pada Instagram Stories. Klik icon music lalu Library akan terbuka dengan ribuan lagu yang tersedia.

Pengguna juga bisa mencari lagu spesifik, mencari berdasarkan mood, genre ataupun yang sedang populer. Lagu yang dipilih bisa fast forward dan rewind untuk memilih bagian mana yang sesuai dengan Stories.

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id