Tips Liburan Bersama Anak sebagai Orang Tua Tunggal

Kegiatan Traveling Bantu Anak Kembangkan Diri

Bepergian dan mengatur anak-anak sendiri pastinya membuat kepala pusing

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Traveling bersama anak-anak pastinya menantang, apalagi jika Anda adalah orang tua tunggal. Bepergian dan mengatur anak-anak sendiri pastinya membuat kepala pusing tujuh keliling, terlebih jika buah hati Anda masih kecil-kecil.

Meski demikian, bukan berarti Anda tak bisa menikmati perjalanan bersama mereka sebagai orang tua tunggal. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti yang dilansir Kidspot, Kamis (2/5).

1. Packing cerdas

Terlepas dari niat baik Anda untuk kenyamanan anak, pada satu titik orang tua tunggal akan membawa seluruh barang bawaan sendiri. Pikirkan baik-baik apa saja barang penting dan prioritas yang perlu dikemas ke dalam tas.

2. Ajari anak beberapa kata lokal

Ajari anak-anak Anda beberapa kata kunci dalam bahasa lokal yang menjadi destinasi liburan. Misalnya, saat mereka lapar dan meminta makanan atau minuman dari pelayan restoran. Ini sangat penting karena bantuan yang dibutuhkan anak Anda akan datang dengan lebih mudah, tak harus melulu Anda yang melakukannya.

3. Perlengkapan medis

Siapkan perlengkapan medis, khususnya obat-obatan khusus yang diperlukan anak. Anda tak harus keluar hotel tengah malam untuk mencari obat demam atau sakit kepala. Bawalah kantong mabuk, antiseptik, obat masuk angin, band-aid, dan perlengkapan medis umum.

4. Latih si kakak

Anak tertua bisa menjadi mitra Anda yang bertugas layaknya komando bagi adik-adiknya. Sungguh menyenangkan melihat si kakak mengatur adik-adiknya penuh semangat. Anak-anak hanya membutuhkan sedikit pengawasan dari Anda.

5. Jaga diri Anda

Sebagai orang tua tunggal, kondisi fisik Anda adalah utama. Jaga kesehatan sebab agenda keluarga akan berantakan jika Anda sakit di tengah jalan.

6. Berhemat

Sebagai orang tua tunggal yang menghidupi anak, segala bentuk pengeluaran perlu efisiensi. Anda harus tetap berada di jalur yang benar, mulai dari memilih tempat makan, biaya perjalanan, kamar hotel, hingga belanja anak di tempat tujuan.

Artikel ini telah tayang di republika.co.id