Video Teror di Christchurch Menyebar, Sejumlah Platform Bersih-bersih – VIVA

Masjid Al Noor di Chrischurch, Selandia Baru

VIVA – Setelah kasus pembantaian di dua masjid Christchurch, Selandia Baru yang merenggut 49 korban jiwa, sejumlah perusahaan teknologi melakukan bersih-bersih platform dari jejak yang ditinggalkan pelaku. Salah satunya Twitter yang penggunanya saling mengingatkan untuk tidak membagikan video terkait kejadian itu.

Reddit juga melakukan hal yang sama, dilansir laman Tech Crunch, Sabtu, 16 Maret 2019. Platform itu menghapus sejumlah komunitas yang membagikan video kejadian tersebut.

Subreddit r/watchpeopledie yang kerap membagikan video tragis menjadi sangat aktif untuk video penembakan pada Jumat, 15 Maret 2019 lalu. Banyak anggota Subreddit yang akhirnya membagikan link video Christchurch, namun dilakukan lewat direct messaging.

Pada akhirnya, Reddit melarang keberadaan r/watchpeopledie. Namun pihak platform enggan memberikan detail mengenai keputusan tersebut.

“Kami sangat jelas dalam persyaratan layanan situs kami bahwa mengunggah konten yang menghasut kekerasaan akan membuat pengguna dan komunitas dilarang dari Reddit. Subreddit gagal mematuhi aturan akan dilarang,” kata juru bicara Reddit.  

Selain r/watchpeopledies, Reddit juga menghapus subreddit r/gore dan r/wpdtalk atau watch people die talk di waktu bersamaan. Sejumlah netizen mengatakan tindakan membagikan video penembakan itu sangat mengganggu serta tidak menghormati korban dan keluarganya.

Subreddit r/watchpeopledie dalam karantina atau dibuat tidak dapat dicari pada September 2018. Namun hingga saat ini masih aktif untuk pengguna yang mengunjunginya secara langsung. Mereka membagikan video kekerasan termasuk pembunuhan dua wisatawan wanita di Maroko pada 2018 lalu.

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

Related Posts