VIVA.co.id Kasih Tips Jitu Tangkal Hoax ke Mahasiswa Bhayangkara

Instruktur Hoax Busting, Ezra Natalyn, menjadi salah satu pembicara dalam diskusi "Millenials Tangkis Hoax" di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 27 Juni 2019.

VIVA – Sebagai media mainstream yang berang atas pertumbuhan kabar bohong atau hoax di Tanah Air, portal berita VIVA.co.id menerjunkan personel terbaiknya di tengah-tengah peserta pelatihan ‘Milenials Tangkal Hoax’ bersama PT Pertamina (Persero), Kamis, 27 Juni 2019.

Bertempat di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi, Jawa Barat, Instruktur Hoax Busting, Ezra Natalyn, dengan jenius memberikan trik bagaimana caranya menangkal hoax.

Perempuan berparas cantik ini memberikan kemudahan kepada para mahasiswa dan mahasiswi agar dapat membedakan hoax atau bukan. Tak salah kalau ia memberikan materi Digital Hygiene kepada ratusan mahasiswa yang hadir.

Mulai dari keberadaan foto atau gambar yang sering menjadi konten hoax, Ezra memaparkan trik jitu untuk pembuktian keasliannya. Apakah, foto itu didapat dari sumber yang dipercaya atau diambil dari foto-foto lama.

“Tinggal dicari kebenarannya di Google Image, maka akan kelihatan foto itu milik siapa,” kata Ezra. Bahkan, perempuan berkacamata itu mengajak mahasiswa terus mencari kebenaran berita-berita yang disebarkan melalui media sosial.

Karena, kata dia, biasanya penyebar atau pembuat konten selalu mengangkat peristiwa yang sudah terjadi beberapa tahun silam. “Misalkan kejadian tahun lalu, kemudian diangkat lagi sekarang seolah itu baru terjadi. Makanya harus dikonfirmasi kebenarannya,” jelas dia.

Bukan hanya Ezra, tim dari Vlix VIVA yang mengedepankan shot video ikut turun tangan. Mereka dengan sabar mengajarkan para mahasiwa satu per satu menjadi presenter andal. Bukan itu saja, mereka yang dinilai menjadi yang terbaik akan mendapat hadiah dari tim Host Hunter.

“Ada 15 peserta yang semuanya adalah mahasiswa. Mereka mengikuti perlombaan menjadi presenter profesional. Dan yang dinilai menjadi terbaik akan kami berikan hadiah,” kata Asisten Produser Vlix, Anry Dhanniary.

Bahkan, kata pria yang sudah malang melintang di dunia kewartawanan ini, menyebut ada beberapa peserta yang ikut dalam audisi ini pernah ditarik oleh perusahaan.

Karena kata dia, dalam keikutsertaan Host Hunter mendidik mereka untuk berani tampil di depan publik. “Yang penting keberanian di depan kamera,” ungkap Anry.

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

Related Posts