Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ormas, termasuk Muhammaditah, tidak memiliki kapasitas dukung-mendukung.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO — Warga Muhammadiyah dipersilakan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum 2019 sesuai dengan hati nurani. Ketua Umum Pimpinan Muhammadiyah Haedar Nashir menegaskan organisasi yang dipimpinnya tidak mengarahkan dukungan pada kontestan politik tertentu.

“Pokoknya Muhammadiyah tetap pada khitahnya bahwa tidak ada kecenderungan pada partai politik tertentu, capres/cawapres (calon presiden/calon wakil presiden) tertentu,” katanya usai menjadi pembicara kunci dalam kegiatan “Bedah Buku Kuliah Muhammadiyah” di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (3/11).

Haedar mengatakan hal itu kepada wartawan saat ditanya posisi dan sikap Muhammadiyah menjelang Pemilu 2019. Menurut dia, soal pilihan terhadap capres/cawapres tertentu sudah menjadi pilihan warga.

“Nah, yang jelas-jelas pilihan politik terbuka itu ya partai politik. Tetapi arena partai politik ya memang itu, biarkan saja,” katanya.

Akan tetapi kalau organisasi kemasyarakatan (ormas), kata dia, apa pun ormasnya bukan hanya Muhammadiyah tidak dalam kapasitas untuk secara institusi dukung-mendukung. “Tetapi beri edukasi kepada rakyat lewat pendidikan politik agar mereka melakukan pilihan-pilihan politik yang cerdas, bertanggung jawab, dan tentu membawa kepada kemajuan bangsa,” katanya.

Sebelumnya, Haedar meminta warga Muhammadiyah bersikap arif menghadapi perbedaan pilihan politik dalam Pemilu 2019. Menurut dia, perbedaan pilihan politik juga menjadi hak warga Muhammadiyah namun jangan saling menyalahkan, menghujat, dan menyudutkan pihak yang berbeda.

Artikel ini telah tayang di republika.co.id/

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -