Wiranto Jamin Jokowi Penuhi Janji Copot Aparat yang Tak Atasi Karhutla

Wiranto Jamin Jokowi Penuhi Janji Copot Aparat yang Tak Atasi Karhutla

Jakarta
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah memerintahkan Kapolri dan Panglima TNI untuk mencopot jajarannya yang tak bisa mengatasi karhutla. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menjamin perintah pencopotan pejabat tersebut akan dilaksanakan.

“Ya dilakukan (pencopotan) namanya perintah Presiden,” ujar Wiranto di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2019).

Kendati demikian, Wiranto menjelaskan pencopotan tersebut tidak serta-merta langsung dilakukan. Dia mengatakan ada batasan kegagalan untuk pencopotan jabatan itu.



“Ini dilaksanakan, hanya nanti tentunya batas kegagalan seperti apa. Tapi kalau harus sama sekali nggak ada kebakaran itu nggak mungkin (dicopot) karena pasti ada, hanya memang kadarnya bisa kita tekan. Itu dilaksanakan,” kata Wiranto.

Selain itu, kata dia, pencopotan hanya dilakukan pada Kapolda, Kapolres, Pangdam atau Danrem saja. Untuk kepala daerah, kata Wiranto, bukanlah kewenangan presiden.

“Presiden kan memperintahkan pada saat nanti penanggulan (kebakaran) hutan dan lahan ini gagal di satu tempat ya maka Kapolda, Pangdam dicopot atau di ganti. Tetapi gubernur bupati wali kota tidak bisa karena bukan kewenangan Presiden,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di detikNews

Related Posts